RENANG DITINJAU DARI SEGI KESEHATAN

Islam memperhatikan apa saja yang menjadi kebutuhan manusia jasmaniah dan ruhaniyahnya.

Sebut saja misalnya tentang fisik, sunnah banyak juga yang memperhatikan tentang kesehatan dan olahraga.      Rasulullah SAW menyebutkan dan melakukan beberapa macam olah raga untuk melatih kekuatan fisik dan non fisik. Islam menginstruksikan agar umatnya berlatih berenang salah satunya

Dari Ibnu Umar, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda : “ajari anak-anak lelakimu renang dan memanah, dan ajari menggunakan pemintal untuk wanita” (HR,Al-Baihaqi)

Renang adalah salah satu jenis aktifitas menyenangkan yang sangat diminati banyak orang, karena selain tujuan kesehatan, olah raga air ini bisa dijadikan salah satu alternatif untuk rekreasi bagi keluarga.

Dari semua jenis olahraga tradisional renang menjadi unggulan dalam hal jumlah pengeluaran kalori, pembentukan otot dan kebugaran secara keseluruhan.. Nah, berikut manfaat renang yang bisa anda dapatkan.

Semangat berlatih

Resiko rendah

Tidak ada resiko besar dalam melakukan aktifitas ini, semua kalangan dari berbagai usiapun dapat menjalani aktifitas air ini. Karena resiko cedera yang relatif kecil maka berenang dapat dilakukan seumur hidup.

 

Memperbaiki kesehatan jantung

Berenang dapat memperbaiki kesehatan jantung, dalam sebuah penelitian pada pria dan wanita paruh baya yang menjalani aktifitas ini, selama 12 minggu menunjukkan bahwa konsumsi oksigennya naik 10% dan jumlah darah yang dipompa kejantung setiap detakan bertambah 18%

 

Membangun massa otot

Semua aktifitas olahraga pasti berhubungan dengan otot.Dalam aktifitas air ini hanya menggunakan sebagian kecil otot tubuh ,namun bagian-bagian otot tersebut sangat penting sehingga merangsang bagian-bagian lain agar dapat berkembang.

 

Membuat otot lebih fleksibel

Renang membantu menggabungkan latihan ketahanan dan kardio, sehingga mampu meningkatkan kekuatan otot. Hal ini membuat seluruh otot didalam tubuh bergerak dan menjadi lebih fleksibel.

 

Alternatif ketika cedera

Ketika seorang atlit mengalami cedera,mereka biasanya dianjurkan untuk bereang agar tingkat kebugarnya selalu terjaga. Berenang membantu agar tetap bugar dan merupakan salah satu bagian dari rehabilitasi.

 

Membakar kalori

Berenang membakar banyak kalori dari penelitian yang ada menunjukkan bahwa dengan melakukan aktifitas ini secara teratur dan efektif kalori yang terbakar akan lebih banyak dibanding dengan berlari dan bersepeda.

Mengontrol berat badan

Berenang adalah aktifitas yang menyenangkan dan bukan satu cara penurunan berat badan yang tradisionalBerenang membuat semua otot didalam tubuh untuk bergerak secara sinkron yang membantu dalam penurunan berat badan dan pembentukan tubuh.

 

Memperbaiki kondisi asma

Penderita asma pasti tidak akan melakukan aktifitas olahraga dengan resiko yang tinggi dan intensitas yang tinggi. Dengan berenang maka akan meningkatkan laju dan kedalaman dari pernapasan sehingga dapat memperbaiki kondisi kesehatannya. Berenang adalah alternative untuk olahraga bagi penderita asma.

 

Menyegarkan pikiran.

Berenang dapat memperbaiki, laju, ritme, dan kedalaman dari pernapasan yang dapat memperbaiki jumlah oksigen dalam aliran darah. Penelitian yang ada menunjukkan dengan aliran oksigen dalam darah dapat meningkatkan kognitif, kecerdasan, dan intelektualitas.

 

Memperpanjang umur

Renang dapat membantu anda menghindari mati muda, penelitian menunjukkan orang berusia 20 sampai 90 yang berenang dengan teratur memiliki tingkat kematian 50% lebih rendah dibandingkan dengan pelari, pejalan kaki atau orang yang jarang berolahraga.

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa berenang memiliki resiko rendah, tetapi resiko cedera tersebut tetap ada. Oleh karena itu sebaiknya kita menghindari risiko tersebut.

  • Lakukan pemanasan yang cukup sebelum berenang untuk menghindari resiko kram
  • Mematuhi semua tata tertib di kolam renang.
  • Mengusai minimal satu tehnik berenang atau minimal tehnik mengapung.
  • Makan minimal 2 jam sebelum latihan berenang.
  • Menggunakan peralatan berenang yang baik.
  • Berhati-hati apabila memiliki kelainan fisik yang berbahaya.
  • Menghindari latihan berenang yang berlebih.

 

Nah, banyakkan manfaat untuk kita dapatkan dan rasakan dari berenang, yuk!!  mulai sekarang ajak semua keluarga untuk berenang agar sehat dan bugar..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*