Learning Entrepreneurship With SMAIT Bina Insani

Salah satu program unggulan SMAIT Bina Insani yang dilaksanakan di bulan November ini adalah Master Chef Season 1. Kegiatan Master Chef kali ini, merupakan pembelajaran kewirausahaan agar siswa memiliki skill sebagai modal dasar dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Kegiatan ini mengusung tema “Learning Entrepreneurship With SMAIT Bina Insani” yang bertujuan agar siswa mampu bekerja secara tim, mampu mengelola keuangan dengan baik, dan memiliki jiwa kewirausahaan sekaligus mempromosikan SMAIT Bina Insani ke masyarakat sekitar.

Tim Master Chef di Krakatau Junction

Pelaksanaan kegiatan Master Chef dimulai dari tanggal 21 November hingga 30 November 2016. Sengaja diberikan tenggat waktu kegiatan, agar siswa dapat menentukan sendiri waktu dan tempat yang akan dijadikan tujuan bisnisnya. Teknis kegiatannya yakni siswa dibagi dalam beberapa kelompok, lalu setiap kelompok mengajukan proposal ke sekolah menentukan tempat dan waktu yang akan dituju. Adapun tempatnya disebar di 6 titik berbeda yaitu di wilayah Perumahan Taman Krakatau, Kramatwatu, PCI, Krakatau Junction, Cibeber, dan Masjid Agung Cilegon. Masing-masing titik ditugaskan 1 kelompok akhwat dan 1 kelompok ikhwan dengan 1 guru pendamping. Di tempat yang telah ditentukan tersebut, setiap kelompok melakukan aksi bisnisnya, berjualan menawarkan dagangannya. Mereka membuka lapak dan harus berhasil menjual dagangannya kepada para pembeli yang lewat. Dagangan yang disajikan kebanyakan berupa makanan dan minuman yang tentu saja hasil olahan dan masakan siswa sendiri. Ada juga dagangannya berupa produk-produk tertentu.

Tim Master Chef di Bunderan Perumnas

Ada banyak cerita-cerita unik dari kegiatan Master Chef kali ini. Diantaranya  kelompok yang harus rela lapaknya ditutup karena tidak dapat ijin tempat berjualan, padahal sehari sebelumnya sudah diijinkan. Tapi luar biasanya, mereka tidak patah semangat dan berkeliling untuk menjajakan produknya. Ada juga yang harus berjualan saat hujan datang, tapi alhamdulillah produknya habis terjual. Ini adalah salah satu bukti bahwa siswa berhasil mencapai tujuan dari Master Chef yaitu siswa dapat meningkatkan kreativitas, ketangkasan dan keterampilan berwirausaha.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*