Penilaian Kinerja Sekolah (PKS)

Semoga hasil PKS SDIT Bina Insani dapat menjadi pemacu semangat bagi seluruh warga sekolah

Bina Insani, Rabu 11 Januari 2017, telah dilakukan Penilaian Kinerja Sekolah (PKS) di SDIT Bina Insani. Penilaian dilakukan oleh Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan serta para Pengawas Sekolah Dasar Kecamatan Waringinkurung.

Penilaian Kinerja Sekolah merupakan kegiatan penting yang dilakukan secara rutin setiap tahun, untuk menilai dan mengevaluasi sejauh mana sebuah Lembaga Pendidikan sudah memenuhi Standar Nasional Pendidikan sesuai dengan PP No. 19 tahun 2005. Adapun Standar Nasional Pendidikan tersebut mencakup :

  1. Standar Kompetensi Lulusan
  2. Standar Isi
  3. Standar Proses
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Standar Sarana Prasarana
  6. Standar Pengelolaan
  7. Standar Pembiayaan
  8. Standar Penilaian Pendidikan

Secara umum Penilaian Kinerja Sekolah bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di sebuah Lembaga Pendidikan. Adapun tujuan PKS secara rinci adalah :

  1. Memperoleh gambaran Kinerja Sekolah secara umum, yang dapat digunakan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan mutu, yang dapat digunakan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan
  2. Menyediakan informasi yang akurat kepada masyarakat tentang mutu suatu sekolah
  3. Memberikan masukan kepada pihak yang memerlukan sebagai bahan pembinaan dan peningkatan kualitas layanan sekolah.
Penilaian dilakukan oleh Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan serta para Pengawas Sekolah Dasar Kecamatan Waringinkurung

Hasil PKS dapat dijadikan acuan dalam melakukan pembinaan terhadap guru dan pegawai, serta sebagai dasar dalam meyusun program sekolah di masa yang akan datang. Di samping itu, hasil PKS juga bisa menjadi bahan refleksi bagi sekolah untuk mengetahui kelemahan dan keunggulan sekolah dibandingkan dengan sekolah lain.

Semoga hasil PKS SDIT Bina Insani dapat menjadi pemacu semangat bagi seluruh warga sekolah, sehingga dapat mencapai kualitas pendidikan yang diharapkan oleh semua pihak, baik guru, yayasan, orang tua murid maupun masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*