JAWARA MATEMATIKA SDIT BINA INSANI

Kompetisi matematika yang diselenggarakan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Cabang 6 Serang bertujuan untuk memotivasi siswa/siswi dalam mempelajari ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang matematika di Provinsi Banten. Uniknya lembaga satu ini tidak memberi nominal biaya registrasi hanya saja KPM menyediakan sebuah

SDIT Bina Insani berhasil mendapatkan Juara I untuk Level C atas nama Harits Abdurrahman Aufa Kelas 6 SD

kotak yang dinamakan Keropak. Tujuan diadakannya Keropak tersebut supaya semua siswa dari kalangan atas hingga bawah dapat kesempatan untuk ikut berkompetisi tanpa harus memikirkan biaya registrasi karena uang yang disimpan di keropak tersebut sesuai dengan kemampuan dan seikhlasnya. Maka dari itu lembaga tersebut dinamakan KPM Seikhlasnya.

 

Pada tanggal 22 Januari 2017 lalu SDIT Bina Insani mengikuti Lomba Jawara Matematika Banten (JMB) yang diselenggarakan oleh KPM  Cabang 6 Serang di SDI 10 Al-Azhar, Serang. Lomba JMB tersebut diikuti oleh lebih dari 10 sekolah dengan jumlah seluruh peserta disemua jenjang Sekolah Dasar (SD) sebanyak 740 siswa/siswi Se-Banten. Seluruh peserta dibagi menjadi tiga level, yaitu (1) Level A, Kelas 1-2 SD;  (2) Level B, Kelas 3-4 SD; dan (3) Level 5-6 SD. Dari SDIT Bina Insani 10 siswa/siswi terbaik dipercaya untuk mengikuti Lomba JMB tersebut. Pemilihan ini dinilai berdasarkan proses dan hasil  belajar selama pembinaan olimpiade matematika di sekolah yang  dilaksanakan setiap hari Kamis dan Sab’tu mulai 2016 lalu. Nama-nama yang mengikuti Lomba JMB adalah (1) Nikko Agha Bazla, kelas 2; (2) Naifa Thahira Athaya, kelas 2; (3) Fachrizal Putra Fidman, kelas 3; (4) Nyimas Ghaida Azka, kelas 4; (5) Muhammad Royan Tausiyah, kelas 4; (6) Muhammad Hanif Adz Dzaky, kelas 4; (7) Marsya Gadi Priyatna, kelas 5; (8) Hilmy Fikar, kelas 5; (9)  Harits Abdurrahman Aufa, kelas 6; dan (20) Nugria Ramadhina, kelas 6.

Lomba JMB tersebut diikuti oleh lebih dari 10 sekolah dengan jumlah seluruh peserta disemua jenjang Sekolah Dasar (SD) sebanyak 740 siswa/siswi Se-Banten

Pelaksanaan Lomba Jawara Matematika Banten (JMB) terdiri atas dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Pada babak penyisihan soal lomba terdiri atas 25 soal Pilihan Ganda (PG) sementara pada saat babak final soal lomba terdiri atas 8 soal uraian. Untuk babak penyisihan empat siswa/siswi SDIT Bina Insani berhasil lolos ke babak final atas nama (1) Nikko Agha Bazla, kelas 2; (2) Nyimas Ghaida Azka, kelas 4; (3) Muhammad Hanif Adz Dzaky, kelas 4; dan (4)  Harits Abdurrahman Aufa, kelas 6. Dari babak final tersebut SDIT Bina Insani berhasil mendapatkan Juara I untuk Level C atas nama Harits Abdurrahman Aufa Kelas 6 SD.

Upaya SDIT Bina Insani dalam melahirkan para Jawara Matematika tidak hanya melalui program pembinaan olimpiade matematika saja melainkan pendekatan kepada kedua orangtua pun ikut dilaksanakan guna mendapatkan dukungan moril maupun materiil serta doa yang senantiasa mengiri siswa/siswi dalam berkompetisi. Selain itu juga SDIT Bina Insani berupaya untuk meningkatkan kualitas guru pembimbing olimpiade matematika dengan pelatihan dan pengikutsertaan lomba guru olimpiade sehingga kedepannya dapat menghasilkan Jawara Matematika lebih banyak lagi.

By. Putri Nurma Hardini, S.Pd

One thought on “JAWARA MATEMATIKA SDIT BINA INSANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*