PELAKSANAAN UNBK DI SMAIT BINA INSANI

UNBK SMAIT BINA INSANI 2017

Suasana UNBK, Selasa (11/04)

Bina insani. Selasa (11/4)  Siswa/i SMA/SMK dan sederajat di Indonesia sedang melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) secara serentak. Ujian yang memakan waktu selama 4 hari ini yakni dari tanggal 10 – 13 April 2017 merupakan ujian pertama dengan berbasis komputerisasi. Tak terkecuali SMAIT Bina Insani. Sekolah yang memasuki tahun ke-3 ini merupakan angkatan 1 kelulusannya.  Menurut Netty Shopia, SE, M.Pd selaku Kepala Sekolah bahwa pelaksanaan UNBK di Bina Insani berjalan lancar dan tidak ada kendala apapun. “UNBK merupakan satu bagian kecil dari rangkaian pencapaian SKL (Standar Kriteria Lulusan). Saya berharap siswa/i lulus dengan jujur. Oleh karenanya, kami mengangkat tema: Prestasi YES, JUJUR Harus ,” ujarnya.

Ketika disinggung jumlah siswa yang ikut UNBK, beliau berkomentar, “Alhamdulillah di tahun pertama kelulusan ini, ada 15 siswa yang mengikuti UNBK. 8 siswa + 7 siswi.” Yang lebih mengherankan bahwa Bina Insani masuk dalam 48 sekolah yang menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer. “Di kabupaten Serang ada 79 sekolah. Yang mengikuti UNBK ada 48 sekolah sedangkan sisanya memilih UNKP / Ujian Nasional Kertas Pensil,” ujarnya menambahkan.

Annisa Nurhayati, Walikelas XII ikut berkomentar bahwa persiapan mental maupun ruhiyah sudah di lakukan   jauh-jauh hari sebelum hari pelaksanaan. “Ada 3 program strategi Sukses UNBK, diantaranya:  Membentuk Kelompok Belajar, Bekerjasama dengan Bimbingan Belajar (BIMBEL) serta Istighosah + Do’a bersama,” katanya. “Dan untuk penguatan mental mereka, kami membentuk Kelompok Belajar Bersama yang terbagi menjadi 4 grup dengan dibimbing 1 orang guru,” tambahnya. Rupanya kegiatan ini sangat membantu sekali bagi mereka yang masih ‘nervous/gugup’ dalam menghadapi ujian.

Beliau pun melanjutkan bahwa Bimbingan Belajar yang telah ditunjuk sekolah tidak hanya membantu mensukseskan  UNBK namun juga lulus SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). “Setelah segala usaha kami     lakukan, puncaknya kami adakan do’a bersama sebagai bagian penguatan ruhiyah mereka. Dan ini merupakan program Bina Pribadi Islam (BPI) yang berlaku di sekolah kami,” ujarnya mengakhiri wawancara.

Keep spirit ‘n Be Optimistic!  ALLAHU AKBAR…

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*