SOSIALISASI PROGRAM SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Sambutan Kepala Sekolah Bapak Fahrudin, S.Pd.I

Dalam kalender akademik sekolah tahun pelajaran 2017-2018, dalam sepekan terhitung sejak 17 sampai 22 Juli, SDIT Bina Insani melaksanakan Sosialisasi Program Kegiatan sekolah kepada orang tua murid. Pelaksanaan ini dilaksanakan secara bertahap. Senin, 17 Juli 2017 sosialisasi program ini terlebih dahulu disampaikan kepada orang tua peserta didik kelas 1.

Sosialisasi ini, memaparkan tentang Visi-Misi dan Standar Kompetensi Lulusan di setiap jenjang kelas yang disampaikan oleh Manajemen Sekolah (Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah).

Kegiatan ini sangat penting sebagai awal hubungan kerjasama antara sekolah dan guru, mensinergikan pendekatan pembinaan pada anak demi tercapaiannya tujuan pendidikan maupun pembinaan akhlak peserta didik.

Diperlukan jalinan kerjasama yang baik antara sekolah (dalam hal ini adalah guru) dan orang tua untuk meningkatkan hubungan positif antara guru dan peserta didik.  Sikap orang tua dan guru yang sama terhadap pembelajaran anak akan memberikan teladan yang baik bagi anak. Orang tua dan guru perlu selalu mengkomunikasikan sikap dan reaksi anak sehingga anak akan merasa di dukung dan bisa menunjukkan reaksi yang jelas, terdorong untuk meningkatkan kemampuan, bertanggung jawab, merasa aman dan senang, dewasa dan mandiri.

(orang tua peserta didik kelas 1 tahun pelajaran 2017-2018)

Kerjasama orang tua secara aktif dengan sekolah bergantung pada minat, kemampuan, kesempatan, dan motivasinya. Pembelajaran akan berlangsung baik jika ada kerjasama antara orang tua dan guru. Namun keberhasilan pendidikan dan pembinaan akhlak peserta didik, bagaimana pun akan berpulang pada bagaimana orang tua melakukan pendidikan dan pembinaan anaknya di rumah.

 

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: كُلُّ مَوْلُوْدٍ  يُوْلَدُ عَلَى اْلفِطْرَةِ فَاَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ اَوْ يُنَصِّرَانِهِ اَوْ يُمَجِّسَانِهِ.

 Artinya: Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Setiap anak yang lahir, dia terlahir atas fithrah, maka tergantung kedua orang tuanya yang menjadikan dia orang Yahudi, Nashrani, atau Majusi. (HR. Al-Bukhari)

Oleh karenanya, di usia sekolah dasar, orang tua adalah “pewarna kertas putih” pada anak-anak peserta didik dan guru adalah tenaga profesional dalam bidang pendidikan sedapat mungkin memberikan pecerahan pada warna yang dilukiskan oleh orang tuanya.

Bila kerja sama antara guru dan orang tua sudah terjalin bagus akan memberikan kemudahan untuk mencari solusi dan menyamakan langkah dalam membimbing anak dalam mencapai masa depan.

 

GALERY KELAS 1 . Tahun Pelajaran 2017-2018

(diwa)

One thought on “SOSIALISASI PROGRAM SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2017-2018

  1. Mari sebagai orang tua kita bersinergi dengan sekolah agar tujan pendidikan berhasil serta kita do’akan pula guru-guru di Bina Insani senantiasa Allah berikan kesabaran serta istiqomah selalu. aamiin
    (M. Syafi’i – Orang tua dari M. Aslam Asy- Syafii kelas 1 C)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*