FIRST CAMP 2017 : Penerimaan Anggota Baru Gudep Pangkalan SMPIT Al Masykar Bina Insani

Sudah tidak asing lagi bagi kita, para guru dan orangtua sebagai pendidik di sekolah ataupun di rumah yang hanya terfokus terhadap prestasi anak didik secara akademis. Sejalan dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan psikologis anak di masa kini, prestasi anak didik tidak hanya terfokus atau berprestasi secara akademik saja. Namun, pada kenyataannya ada penunjang lain sebagai motivasi yang dapat meningkatkan prestasi tersebut. Hal ini disebabkan karena belajar tidak hanya sekedar proses akademis, melainkan dibutuhkan proses pendidikan yang menanamkan kedisiplinan serta kecakapan hidup. Dimana unsur-unsur tersebut juga memiliki peranan penting dalam proses belajar, sehingga para pendidik perlu memainkan peran penting ini dalam memajukan potensi anak didik untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan.  Untuk itu, diperlukan sebuah kegiatan yang dapat memotivasi siswa dalam pencapaian hasil belajarnya dan meningkatkaan kedisiplinan, kemandirian, keterampilan, serta kreatifitasnya. Oleh karena itu, dibentuk sebuah kegiatan yang dapat memacu kepemimpinan, kedisiplinan, kemandirian serta kreatifitas siswa, yakni sebuah perkemahan yang dinamakan First Camp yang bertemakan “One Scout, One Promise

Kegiatan ini bertujuan untuk :

  1. Memotivasi anak didik dalam mencapai hasil belajar yang diinginkan.
  2. Meningkatkan rasa kedisiplinan serta kemandirian dalam diri peserta didik.
  3. Meningkatkan keterampilan serta kreatifitas dalam diri peserta didik.
  4. Memacu leadership (kepemimpinan) serta kekompakan dalam kelompok peserta didik.
  5. Melantik anggota gugus baru sebagai anggota pramuka yang sah di pangkalan SMPIT Al-Maskar Bina Insani.

Untuk First Camp 2017 tahun ini dilaksanakan pada tanggal 21-22 Juli 2017. Kegiatan ini merupakan kegiatan penerimaan Anggota Baru Gugus Depan 05059-05060 Pangkalan SMPIT Al Masykar Bina Insani. Pramuka ini sejak awal berdirinya sekolah, sudah merupakan bagian dari kegiatan intra-kurikuler, yaitu kegiatan yang masuk ke dalam jam pelajaran aktif di sekolah. Kegiatan Gerakan Pramuka dinilai mampu memberikan alternatif pendidikan, pembinaan, dan keterampilan peserta didik yang dalam beberapa hal tidak bisa dilakukan oleh guru kepada muridnya.

Selain sebagai bagian dari Gerakan Pramuka Indonesia, Pramuka pangkalan SMPIT  Al  Masykar Bina Insani Gugus Depan 05059-05060 merupakan juga bagian dari Satuan Komunitas (SAKO) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Indonesia.

Seluruh peserta First Camp adalah siswa dari SMPIT Al Masykar Bina Insani kelas 7 dan siswa pindahan kelas 8-9.

Kegiatan ini diharapkan mampu menambah wawasan, kreatifitas, kedisiplinan, kemandirian, dan tercipta interaksi yang efektif antara peserta, bindaping (pembina dan pendamping), karena menyajikan pembelajaran secara mandiri dan berkelompok serta menumbuhkan rasa percaya diri, kepemimpinan serta kekompakkan.

Banyak agenda kegiatan di acara First Camp 2017, diantaranya adalah perlombaan keterampilan kepramukaan, meliputi lomba : Tenda dan Tidy up,  LKBB, Cooking Competition I, Scout Exploration, dll.

Pada akhirnya nanti, setelah kegiatan First Camp 2017 diadakan Penempatan Peserta kepada Pasukan dan Regu barunya di pangkalan SMPIT Al Masykar Bina Insani.

1 Pasukan terdiri dari 4 regu
1 Regu terdiri dari 10 anggota
Dalam 1 Regu terdiri dari siswa kelas 7, 8 dan 9, dengan demikian diharapkan terjadi sosialisasi yang baik antarkelas, dan mampu menumbuhkan kedewasaan berpikir dan bertindak, dalam meniru dan memberikan keteladanan kepada sesama anggota regu.

Putra memiliki 3 Pasukan, yaitu

  1. Praja Bayanaka
  2. Praja Aryasatya
  3. Praja Adhikara

Putri memiliki 3 Pasukan, yaitu

  1. Narayana Nindya
  2. Narayana Wimala
  3. Narayana Ardhani

Pasukan dan Regu ini bersifat permanen hingga anggota lulus menempuh pendidikan di SMPIT Al Masykar Bina Insani.

Galery Photo Kegiatan : Click !!

 

BACA JUGA !

SOSIALISASI PROGRAM SEKOLAH TAHUN PELAJARAN : SDIT Bina Insani melaksanakan Sosialisasi Program Kegiatan sekolah kepada orang tua murid. Pelaksanaan ini dilaksanakan secara bertahap.

Pekan Kreativitas dan Ta’aruf Siswa (PRESTASI) 2017 ; MOS nya SMPIT Al Masykar Bina Insani : Dalam rangka memasuki tahun ajaran baru, diperlukan adanya regenerasi siswa untuk mengisi kekosongan siswa-siswi kelas IX tahun ajaran 2016-2017 yang telah lulus. Maka dari itu diperlukan adanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

TADABUR 2017 ; MOS nya SMAIT Bina Insani : TADABUR (Ta’aruf dan Dauroh Berilmu) Kegiatan TADABUR  merupakan agenda tahunan SMAIT Bina Insani sebagai program pengenalan lingkungan sekolah, ….

WE CAMP : Penerimaan Anggota Ambalan Baru : WE CAMP ‘We Camp’ merupakan agenda kegiatan tahunan SMAIT Bina Insani. Kegiatan yang diikuti seluruh siswa/i kelas X ini berjumlah 18 orang (7 Ikhwan + 11 Akhwat). Kelas XI bertugas mendampinginya serta siswa/i kelas XII seluruhnya dilibatkan sebagai panitia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*