FIELD TRIP 2018 : SMPIT Al Masykar Bina Insani

Field trip merupakan kegiatan keluar dari lingkungan sekolah selama satu hari atau lebih. Tujuan utama dari diadakannya kegiatan ini sebenarnya untuk menghindari murid dari rasa bosan belajar di kelas dan mengajak murid untuk refreshing sejenak dari kegiatan sekolah. Field trip tidak hanya sekedar bersenang-senang, tetapi juga ingin memberikan pelajaran dan pengalaman yang menyenangkan. Mengapa sekolah perlu mengadakan field trip? Karena memori manusia, terutama mereka yang masih sekolah, berdasarkan apa yang mereka saksikan dan lihat secara langsung, bukan berdasarkan apa yang mereka dengar saja. Diharapkan dengan adanya field trip, peserta didik mampu mengingat dan merekam semua kejadian selama field trip, kemudian dikaitkan dengan pelajaran sekolah.

SMPIT Al Masykar Bina Insani (ABI) pada hari Kamis 15 Februari 2018 melaksanakan kegiatan field trip. Field trip dilaksanakan untuk kelas 7 dan 8 dengan lokasi tujuan yang berbeda.

Untuk kali ini, kelas 7 berkunjung k PP-IPTEK TMII dan sedangkan kelas 8 berkunjung ke Perpusda DKI dan Museum Nasional.


Field Trip : KELAS 7 ; KUNJUNGAN KE PP IPTEK TMII

Kehidupan manusia saat ini mengalami perubahan dan perkembangan IPTEK yang semakin pesat. Hal ini membuat kita menyadari bahwa belajar tidak hanya cukup di sekolah, tetapi dapat dilakukanj juga di luar sekolah. Salah satu sarana yang menyajikan kegiatan edukasi sekaligus mengandung unsur rekreasi adalah Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) . Di tempat ini mampu menumbuhkembangkan budaya IPTEK bagi masyarakat untuk segala generasi secara mudah, menghibur, berkesan, dan kreatif, melalui berbagai program dan peragaan interaktif yang dapat disentuh dan dimainkan. Untuk itu, perlu kiranya dilakukan kegiatan field trip ke PP-IPTEK TMII untuk menumbuhkan pemikiran siswa mengenai bagaimana IPTEK digali dan dimanfaatkan.

 “Kegiatan field trip siswa kelas 7 ke PP IPTEK di Taman Mini Indonesia Indah merupakan pengalaman berharga bagi saya pribadi, terlebih bagi siswa-siswi kelas 7. Di sini siswa-siswi dengan leluasa dapat melihat dan melakukan  sendiri berbagai peagaan terkait matematika dan ilmu pengetahuan alam. Selain mendapatkan materi pembelajaran di sekolah dengan mengikuti kegiatan ini, siswa mendapatkan pengalaman belajar baru, sehingga memotivasi siswa untuk lebih tertarik pada IPTEK“, ujar Afiatul Latifah, S.Pd sebagai salah satu pendamping siswa.

Menurut saya, acara field trip ke PP-IPTEK TMIIsangat seru, karena bisa melihat dan merasakan langsung peragaan yang ada di sana. Mulai dari praktik uji kandungan makanan dan sistem respirasi hewan, kemudian mencoba beberapa peragaan seperti Mirror Maze, Lorong Ilusi, dan masih banyak lagi. Saya jadi mendapat ilmu dan wawasan baru tentang IPTEK” ujar Khansa Fathia  kelas 7B memaparkan pengalamannya selama berkunjung ke PP-IPTEK TMII

Photo yang lain KLIK AJA ! 


Field Trip : KELAS 8 ; KUNJUNGAN KE PERPUSDA DKI DAN MESEUM NASIONAL INDONESIA

Sesuai dengan wahyu pertama Rasulullah saw yaitu, Surat Al Alaq yang diawali dengan “Iqro” yang artinya “bacalah”, maka terdapat perintah bagi manusia membaca. Membaca di sini berarti membaca Al Quran sebagai sumber hukum dan pedoman hidup manusia. Selanjutnya membaca sumber-sumber pengetahuan seperti buku yang memuat ilmu dengan ditunjang pengetahuan tenatang agama Islam. Maka, sekiranya perlu kegiatan field trip ke pusat/ sumber literasi seperti peprustakaan dan museum untuk menambah ilmu, wawasan dan pengalaman menarik siswa.

Membaca adalah satu aktivitas yang memiliki segudang manfaat. Sedikitnya ada 4 manfaat dari kegiatan membaca.

1. Melatih kemampuan berpikir
Otak ibarat sebuah pedang, semakin diasah akan semakin tajam. Kebalikannya jika tidak diasah, juga akan tumpul.
Apakah alat yang efektif untuk mengasah otak? Jawabannya adalah membaca. 

2. Meningkatkan Pemahaman
Logika sederhana saja, tidak mungkin siswa dapat memahami materi pelajaran kalau mereka tidak membaca. Dari sini jelas bahwa membaca sangat berperan dalam membantu seseorang untuk meningkatkan pemahamannya terhadap suatu bahan/materi yang dipelajari.

3. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
Field Trip Ke Perpusda DKI Jakarta ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan minat baca siswa dan pengetahuan, karena di sini siswa-siswi diberi kebebasan untuk mengeksplorasi seluruh buku di perpustakaan tersebut”, ungkap Ibu Aulia Yusdiana, S.Pd  selaku Ketua Pelaksana kegiatan.

4. Meningkatkan Konsentrasi
Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan.

Acara field tripnya seru dan menyenangkan. Diperpustakaan, saya melihat banyak sekali buku bacaan yang tersusun rapi, membuat saya ingin membaca semua buku rasanya. Selain itu, di Museum Nasional Indonesia juga banyak melihat benda-benda bersejarah, prasasti-prasasti dan lainnya” kekaguman RAsyii Nur Afra kelas 8A SMPIT ABI.

Photo yang lain KLIK AJA ! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*