SAFARI QURAN KELAS IX SMPIT AL MASYKAR BINA INSANI

Manusia sebagai wujud dari komponen jasmani, dan rohani merupakan makhluk yang memiliki pemikiran yang masuk akal. Oleh karena itu manusia memiliki tiga inti yang harus dipersiapkan untuk dididik. Dalam islam tiga hal yang esensi merupakan modal utama dalam mempersiapkan manusia yang sempurna dunia dan akhirat hal yang mendasar dalam mempersiapkan manusia yang sempurna menurut konsep islam adalah “pendidikan”. Dengan pendidikan, manusia menjadi sadar akan fungsi dan tugas dirinya sebagai makhluk ciptaan Tuhan, sehingga faham tentang hakikat hidup.

Pendidikan islam yaitu bimbingan jasmani dan rohani menuju terbentuk kepribadian utama menurut ukuran-ukuran islam. Dengan pengertian lain pendidikan islam merupakan suatu bentuk kepribadian utama yakni kepribadian muslim. Kepribadian yang memiliki nilai-nilai agama islam memilih dan memutuskan serta berbuat berdasarkan nilai-nilai islam dan bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai islam. Pendidikan islam merupakan pendidikan yang bertujuan  membentuk individu menjadi makhluk yang bercorak diri berderajat tinggi menurut ukuran Allah swt dan isi pendidikan adalah mewujudkan tujuan ajaran Allah. 

Adanya pendidikan, mendorong manusia untuk menggunakan akal, pikiran yang logis, meyakini segala sesuatu yang berasal dari Tuhan, dengan rohani manusia memiliki rasa peka, empati dan yakin terhadap kebenaran. Sehingga inti yang paling hakiki dari manusia sesungguhnya adalah rohani. Pendidikan rohani adalah susunan badan halus, unsur-unsur halus yang keberadaannya merupakan syarat utama bagi proses hayati, lebih yang berhubungan dengan dengan kesadaran, pikiran dan kemauannya. Unsur-unsur halus tersebut mencakup: jiwa, akal, hati, dan nafsu. Sedangkan Pendidikan jasmani,  merupakan suatu proses seseorang sebagai individu maupun anggota masyarakat aspek kepribadian manusia yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh kemampuan dan keterampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, dan pembentukan watak. Oleh karena itu, rohani merupakan inti yang paling tepat untuk didahulukan dalam mendapatkan pendidikan. Ketika pendidikan rohani mendapatkan porsi pendidikan yang baik dan lebih dahulu, maka akal dan jasmani dapat mengikuti sesuai dengan porsinya.

Islam di samping yakin adanya banyak segi manusia jasmani, akal, dan rohaninya dengan berbagai kebutuhan dan daya setiap segi itu, meyakini pula kesatuan dan keterpaduan wujud manusia tersebut, dan tidak mungkinnya dipisah-pisahkan satu dengan yang lain, fitrah sempurna yang berjalan menurut garis yang telah diciptakan Allah swt tersebut. Bagi manusia kebutuhan jasmani saja belumlah cukup jika tanpa pemenuhan kebutuhan rohani, kebutuhan rohani bagi manusia dalam kehidupannya menjadi sangat penting karena tiada terpenuhinya kebutuhan rohani itu akan menimbulkan kegelisahan batin. Salah satu usaha untuk memenuhi kebutuhan rohani adalah agama. Dengan agama akan dapat mengimbangi gejolak manusia untuk memenuhi kebutuhan jasmani yang condong untuk selalu menuntuk untuk dipenuhi.

SMPIT Al Masykar Bina Insani merupakan sekolah yang mengedepankan seimbang antara kebutuhan jasmani dan rohani melalui pendekatan agama, Islam. Ini dibuktikan dengan  banyaknya pendidikan muatan lokal dan berkarakter yang semuanya disuguhkan dengan nuansa keislaman. Salah satu muatan lokal tersebut adalah adanya pembinaan Al Quran termasuk Hifdzul Quran sebagai salah satu pendekatan pendidikan rohani. Untuk meningkatkan semangat para penghafal Al Quran, SMPIT ABI menyeelenggarakan kegiatan Safari Al Quran yang bertujuan untuk pembinaan rohani/ ruhiyah siswa dan menghidupkan aktivitas Quran siswa.

Kegiatan Safari Al Quran ini beriringan dengan Agenda kegiatan Tour Siswa Kelas 9 sehingga hal ini menjadi satu paket kegiatan antara Safari Al Quran dan Tour Kelas 9. Tour nya sendiri dijadikan bagian dari mentadabburi kandungan Al Quran yang merupakan kebesaran Allah swt.  Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu-Kamis 21-22 Maret 2018 di Villa Vlozo Lembang Bandung.

Dalam kegiatan Safari Quran , kami mengundang pemateri yang luar biasa, yaitu Ustadz Ahmad Jaaze. Penyampaian materi beliau dengan topik ‘Menghafal Al Quran 1 halaman dalam 10 menit’ semakin memotivasi siswa-siswi dalam menghafal Al Quran sekaligus menjemput pertolongan Allah swt sebagai bekal menghadapi Ujian Nasional yang akan datang. Namun demikian, karena waktu yang terbatas selama acara sehingga masih ada siswa yang belum menyelesaikan target hafalannya di kegiatan ini, tetapi tidak mengurangi semangat siswa untuk menjadi hafidz-hafidzah” ungkap Huldromi, S.Pd sebagai seksi acara.

Materi pada kegiatan Safari Quran ini yang menyampaikan Ustadz Ahmad Jaaze, sangat menginspirasisaya untuk menghafal Al Quran. Tempat acaranya pun enak dan nyaman sekali sebagai tempat menghafal. Materi yang disampaikan sangat memberikan sugesti kepada saya bahwa menghafal Al Quran itu mudah asalkan kita fokus dan menghadirkan seluruh pikiran dan peraswaan kita saat menghafal. Kegiatan tounya juga tidka kalah seru, yaitu rafting dan paintball, dimana saya baru pertama kali emlakukannya” ujar M Taufik Annizar siswa kelas 9D antusias.

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*