Pelatihan Menulis Siswa/i SMPIT Bina Insani bersama Penulis dari Rumah Dunia Tias Tatanka

Spirit of Monday, Senin, 22/7/2019, siswa SMPIT Al Masykar Bina Insani mengikuti kegiatan Pelatihan Menulis, dari seluruh siswa SMPIT Almasykar, terpantau 28 siswa yang mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan ini. Tema dari pelatihan ini adalah “Mari menulis cerpen” dengan tujuan membantu siswa-siswi untuk memahami metode menulis sastra yang baik dan menyenangkan.

Kegiatan ini menghadirkan pembicara seorang istri dari penulis ternama dan budayawan Banten Gola Gong, yaitu Ibu Tias Tatanka dari Rumah Dunia. Rumah Dunia adalah madrasah kebudayaan yang bergiat di bidang jurnalistik, sastra, film, teater, musik dan menggambar.

Misinya adalah mencerdaskan dan membentuk generasi baru yang kritis di bumi Banten. Juga mengandung filoofi memindahkan dunia ke rumah lewat buku, warna, rupa, gerak, suara, dan internet. Pelatihan ini, secara umum untuk melatih siswa ‘menulis’ dari apa yang dirasakan, dialami, diinginkan, hingga diimpikan hingga tertuang dalam sebuah karya berupa tulisan. Banyak paparan pembicara yang menjadi bekal dalam menghasilkan sebuah karya berupa tulisan. Seperti yang diucapkan oleh seorang guru yang juga mengikuti kegiatan ini, Bu Atikah dari Guru SMPIT Almasykar Bina Insani, “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa yang baru ingin memulai menulis sastra. Diantaranya melatih dan meningkatkan kemampuan dalam menyusun kata-kata menjadi sebuah cerita yang utuh, untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mencakup kehidupan. Mengembangkan pemikiran agar lebih kreatif dan inovatif untuk membuat cerita yang menarik.” Terang guru yang berkacamata ini. Ada pun dari beberapa siswa berkomentar, Alyssa Mahirah kelas 7, “Alhamdulillah, bisa dapat mengajarkan kita untuk menjadfi penulis dan dapat membantu kita untuk memperbaiki tulisan kita yang kurang menarik untuk menjadi yang lebih menarik lagi.” Tutur siswa kelas 7 ini, kemudian komentar lain yang dilanjut dengan teman sebelahnya yang bernama Aliffia Hasnaa, “Alhamdulillah jadi bisa mendapatkan ilmu baru dan juga pengalaman baru bersama teman-teman yang memiliki minat dibidang menulis ini.” Lengkapnya.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 jam yang dimulai dari jam 09.00 s/d 12.00 WIB. Walaupun hanya sesaat tetapi siswa-siswi sangat menikmati ilmu yang telah diberikan oleh ibu Tias Tatanka, karena pembawaan materinya yang cukup membawa suasana dan friendly dengan siswa-siswi SMPIT Almasykar. Berharap semoga pelatihan ini, mampu memberikan motivasi bagi siswa-siswi untuk mulai ‘menulis’.

Spirit of Monday ;Senin, 22/7/2019, seluruh kelas 9 SMPIT Al Masykar Bina Insani mengikuti kegiatan Pelatihan…

Dikirim oleh Sekolah Islam Terpadu Bina Insani pada Senin, 22 Juli 2019