Pelatihan Guru : Menjadi Guru Bahagia dan Kreatif di Masa Pandemi

Pandemi Civid-19 yang melanda Indonesia sejak pertengahan MAret 2020 lalu berdampak sistemik terhadap aspek kehidupan masyarakat, termasuk di dalamnya dunia pendidikan. Dalam meminimalisir penularan Covid-19, pemerintah pun menerapkan kebiajakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan menetapkan bencana non alam pendemi Covid-19 sebagai bencana nasional. Kebijakan ini berdampak langsung terhadap kegiatan yang bersifat komunal atau menghimpun banyak banyak orang dalam suatu tempat di waktu yang sama, salah satunya adalah dunia pendidikan.

SMPIT Al Masykar Bina Insani sebagai salah satu satuan pendidikan  turut merasakan dampak dari kebijakan ini. Proses pembelajaran dan kegiatan kesiswaan pun harus dilakukan dengan metode non tatap muka. Akibatnya, para actors pendidikan yang berperan dalam proses pembelajaran di SMPIT ABI pun harus mampu membagi konsentrasinya agar mamapu mengkondisikan proses pendidikan anggota keluarganya di rumah. Berdasarkan hal tersebut, SMPIT ABI melakukan pelatihan  bagi para guru agar dapat diarahkan dan dimotivasi agar tetap dalam kondisi prima memberikan pelayanan pendidikan namun juga tetap mampu menangani permasalahan lain akibat kebijakan PSBB tersebut.

Pelatihan tersebut dilaksanakan pada Sabtu 17 Oktober 2020 di SMPIT ABI, yang secara khusus bertujuan agar :

  • Guru-guru memahami bahwa kegiatan pendidikan dan pelayanannya harus tetap berjalan dalam kondisi apapun.
  • Guru-guru memahami bahwa berpikir pisitif dan optimis merupakan sebuah kebahagiaan yang dapat menjadi faktor keberhasilan dalam melaksanakan proses pembelajaran di masa pandemi.
  • Guru-guru memahami bahwa kreativitas merupakan hal yang mutlak diperlukan dalam melaksanakan proses pembelajaran

Pelatihan kali ini diisi oleh Ibu Sri Rejeki, S.Pd, salah satu Pengurus Pusat Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia, dengan tema pelatihan “Menjadi Guru Bahagia dan Kreatif Di Masa Pandemi“.

Di sisi lain, pelatihan pun dilaksanakan bagi pegawai Tata Usaha SMPIT ABI, yang untuk tahun ini mencoba menyusun kerangka kerja dalam upaya peningkatan pelayanan ketatausahaan yang melayani kebutuhan guru, siswa, dan orang tua murid. Diharapkan nanti pada awal Desember 2020 ada pelayanan terbaru yang memudahkan untuk semua civitas sekolah di masa pandemi ini.