Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)

Kepemimpinan merupakan sebuah keniscayaan dari realitas hidup insan. Kepemimpinan juga tak dapat dilepaskan dari apa yang dinamakan perencanaan dimana buahnya adalah keberhasilan. Tanpa perencanaan yang baik, mustahil suatu keberhasilan dapat dicapai. Dan perencanaan yang baik tersebut membutuhkan sebuah kepemimpinan yang baik pula. Di dalam sebuah organisasi, kepemimpinan yang kuat mutlak dimiliki. Namun hal itu takkan cukup jika roda organisasi tersebut tak dipimpin oleh orang yang kompeten, berdedikasi serta memiliki kewibawaan.

Sebuah organisasi juga membutuhkan pemimpin yang adil, selain cerdas tentunya, sehingga dapat membawa organisasi yang dipimpinnya meretas dan menggapai tujuan (visi dan misi) organisasi. Satu lagi, semuanya menjadi sia-sia bilamana kepemimpinan tersebut mengesampingkan sebuah nilai bernama kejujuran. Berdasarkan hal tersebut, SMPIT AL – MASYKAR Bina Insani yang berada di bawah naungan Yayasan Bina Insani Cahaya Abadi mengadakan agenda penting guna mewujudkan sebuah cita-cita luhur yaitu mendidik para pelajar siswa/ siswi menjadi pemimpin-pemimpin masa depan bagi ummat Islam dan bangsa Indonesia yang membela haq dan mencegah kebathilan. Diharapkan dengan kegiatan bernama Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) ini, akan lahir generasi baru yang akan memimpin ummat dan bangsa ini menuju kejayaan dan cahaya abadi, yaitu tegaknya ad-dien di muka bumi.

Untuk tahun ini, SMPIT Al Masykar Bina Insani mengusung tema “Membentuk Pemimpin Yang Adaptif, Visioner dan Berkarakter Islami”. Kegiatan yang dilaksanakan dua hari tersebut, sepenuhnya dilaksanakan in door, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan menghadapi pandemi. Kegiatan dilaksanakan senin-selasa, 19-20 Oktober 2020. Adapun narasumber untuk mengisi kegiatan tersebut adalah Khairul Ismi, S.P, Mohammad Syafii, S.Pd.I, dan Kholit, S.Kom. Tentunya dipandu oleh Pengurus OSABI (Oragnisasi Siswa Al Masykar Bina Insani).

Tujuan pelaksanaan kegiatan menintikberatkan pada :

  • pendidikan dan pembinaan pelajar SMPIT Al – Masykar Bina Insani agar berjiwa pemimpin yang Robbani dan Qur’ani.
  • pembekalan pelajar SMPIT Al – Masykar Bina Insani tentang kepemimpinan (Leadership).
  • pemahaman terhadap pelajar SMPIT Al – Masykar Bina Insani tentang pentingnya berorganisasi.
  • semangat kedisiplinan, tanggungjawab serta keberanian bagi para pelajar SMPIT Al – Masykar Bina Insani
  • pelatihan pelajar SMPIT Al – Masykar Bina Insani mengenai pentingnya kerja tim (teamwork).

Selepas kegiatan ini, diharapkan akan lahir restrukturisasi OSABI dengan kepengurusan dan kepemimpinan yang mampu beradaptasi dengan perkembangan kondisi saat ini, memiliki visi dan berkarakter islami, insyaallah.