Puncak Hari Guru Nasional (HGN) 2020 YABICA

Kondisi pandemi yang belum juga mereda, namun optimisme mesti dimunculkan. Saat ini pandemi covid 19 menyebabkan metode pembelajaran menggunakan model pembelajaran daring (online). Namun kita mesti bersiap dan akan tiba masanya di mana pandemi berakhir dan kehidupan mulai menuju normal. Pada waktunya nanti, yang juga merupakan keinginan/harapan kita semua, ketika kondisi kembali normal dan pandemi berlangsung membaik, perlu kita siapkan sebuah pra kondisi dalam membuat srategi pembelajaran model pembelajaran campuran/kompilasi (online-offline/daring-tatap muka). Metode ini sering disebut dengan metode pembelajaran blended. Maka diadakanlah kegiatan Lomba mengajar ini sebagai sarana simulasi sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap Muka (PTM) kembali terwujud.

Selain itu, ajang ini juga sebagai pencarian contoh terbaik simulasi mengajar yang dapat dijadikan bahan kajian dan pembelajaran bagi para guru di SIT Bina Insani dalam mengembangkan, mengkreasikan, dan menciptakan model-model pembelajaran yang tepat, efektif, dan efisien. Maka, sangat tepat sekali semua itu terjadi di momentum hari guru. Ditambah adanya lomba cerdas cermat sebagai pemantik suasana kompetitif dalam suasana rekreatif dan edukatif. Tema yang diusung untuk Hari Guru Nasional tahun 2020 kali ini adalah bangkitkan semangat wujudkan merdeka belajar dengan tujuan sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengembangan kreativitas guru dalam hal kemampuan mengajar di Lomba Simulasi Mengajar Hari guru Nasional (HGN) Tahun 2020, khususnya dengan model pembelajaran campuran/blended (online-offline).
  2. Menjadi ajang adu kemampuan dan kreativitas untuk melahirkan inovasi terkait kemampuan mengajar.
  3. Menemukan benih-benih baru calon guru inovatif, kreatif, dan profesional di lingkungan SIT

Kegiatan yang sepenuhnya berada di bawah Ketua 1 Pendidikan Dasar TB Moh. Sholeh, M.Pd ini melibatkan unit SDIT Bina Insani, SDIT Bina Insani 2 SMPIT Al Masykar Bina Insan.

Kegiatan HGN ini membuat kami merasa bahagia, sebab kegiatannya bersifat rekreatif dan edukatif. Ini bagus sekali, lomba-lomba yang diadakan sangat sesuai untuk meningkatkan kapasitas guru.” ujar Ratu Ummu Sholihat, S.Pd salah satu peserta Lomba Mengajar.

Para Pemenang Lomba Mengajar.