SDIT Bina Insani 2

SDIT Bina Insani 2 adalah sekolah baru yang merupakan sekolah pengembangan. Yang ingin turut berperan memberikan kontribusi dalam mendidik generasi muda calon pemegang estafet kepemimpinan bangsa.

SDIT Bina Insani 2 lahir pada tahun 2020. Tepatnya pada tanggal 23 Januari 2020

Kami memulai proses pembelajaran pada Juli 2020 saat dunia internasional tidak terkecuali di Indonesia sedang dilanda Pandemi covid-19. Sehingga membuat kami harus menyajikan pembelajaran secara online. Namun ini adalah suatu tantangan untuk kami. Bahwa Sekolah kami harus tetap eksis, dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak anak di rumah. Bagaimana tidak, saat ini para orang tua mengambil peran sebagai pendamping anak anak belajar di rumah. Sehingga kami mempunyai prinsip bahwa pembelajaran yang diberikan kepada anak anak harus menyenangkan, tidak hanya mengejar ketercapaian kurikulum, namun lebih kepada melatih keterampilan hidupnya atau life skill dan Penanaman karakter itu yang jauh lebih penting untuk diterapkan anak anak sebagai bekal di kemudian hari. Untuk menujang itu semua tentunya ini perlu persiapan dan perencanaan yang baik, mulai dari merancang pembelajarannya, serta menyiapkan administrasinya seperti RPP, silabus secara detail dan teratur.

VISI MISI DAN TUJUAN SDIT BINA INSANI 2

Visi SDIT Bina Insani 2 adalah Menjadi Lembaga Islam Terpadu yang Unggul dan Berkontribusi Demi Mewujudkan Generasi Qurani

Misi SDIT Bina Insani 2

  1. Menyelenggarakan pendidikan  Islami  dan berkarakter
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan  generasi cinta Al-Quran
  3. Menyelenggarakan pembelajaran yang kreatif, menyenangkan, berkualitas dan berbasis IT
  4. Menciptakan suasana sekolah yang nyaman, bersih dan sehat

Tujuan pendidikan SDIT Bina Insani 2 tentunya ingin anak anak memiliki aqidah yang lurus, mampu beribadah dengan benar, berakhlak mulia, mempunyai fisik yang sehat dan kuat, memiliki kemampuan membaca dan menghafal Al Quran, serta anak anak memiliki keterampilan hidup yang baik.

KURIKULUM SDIT BINA INSANI 2

Kami menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum JSIT dan Kurikulum khas SDIT Bina Insani 2. Di dalam proses pembelajaran kami mengaplikasikan nilai nilai keislaman, sehingga islmisasi dan scientific menjadi ruh dalam setiap kegiatan pembelajaran. Dan di setiap materi yang dipelajari siswa, telah dilaksanakan tahapan islamisasi dan dilaksanakan dengan pendekatan pembalajaran TERPADU. Sehingga setiap pengetahuan baru yang mereka dapatkan  akan mendekatkan dirinya kepada Allah SWT.

Tidak hanya itu pembelajaran di kelaspun harus dinamis, aktif, dan bermakna, anak anak tidak hanya menjadi object menerima pasif, namun mereka terlibat aktif di dalam pembelajaran. Siswa menjadi nyaman karena guru tidak hanya berperan sebagai pengajar namun sebagai orang tua kedua di sekolah. Yang akan memberikan yang terbaik bagi anak didiknya mulai dari proses pembelajaran sampai evaluasi yang dilakukan secara valid otentik dan sesuai tujuan pembelajaran.

Semua pembelajaran di SDIT Bina Insani 2 bisa berjalan dengan lancar karena didukung oleh SDM yang berkwalitas dan berdedikasi tinggi.

KEUNGGULAN SDIT BINA INSANI 2

  1. Yang pertama kami mempunyai target anak anak hafal 5 Juz Al Quran selama 6 tahun. Kita tau bahwa tantangan jaman sekarang dan yang akan datang. Anak anak harus dibekali dengan akidah dan keimanan yang kuat. Ketika anak anak dekat dengan Al Quran. Mereka akan menjadi generasi Qurani yang kuat di masa yang akan datang.
  2. Yang ke 2 sekolah kami mempunyai jargon Sekolah Menyenangkan. SDIT Bina Insani 2 adalah sekolah Full Day. Kami masuk pukul 07.00 dan keluar pukul 14.00. Sehingga kami harus menyajikan pembelajaran yang menyenangkan dari awal sampai akhir. Kami aplikasikan pada pembelajaran keseharian dengan brain gym, ice breaking, outing class, field trip, market day, morning tea, puncak tema , outbond, renang dan event event tertentu.
  3. Yang ke 3 sekolah kami adalah sekolah berkarakter. Ada sebuah quote yang terkenal dari Ali Bin Abi Thalib. Yaitu : “Didiklah anakmu sesuai zamannya, karena mereka bukan hidup di zamanmu” ini yang sedang kami persiapkan, kami tidak hanya mendidik anak anak di bidang akademik saja, namun kami juga mendidik anak anak supaya mereka mempunyai ahlak yang baik. Dan mereka menjadi manusia yang unggul di zamannya nanti. Oleh karena itu kami membuat program 12 karakter untuk kami aplikasikan di dalam 12 bulan. Ke 12 karakter ini dapat anak anak aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, di sekolah atau di lingkungan masyarakat.

12 PROGRAM KARAKTER

  1. Januari Mandiri. Anak anak dipersiapkan untuk bisa mengurus dirinya sendiri, tidak tergantung orang lain. Seperti mereka bisa sarapan sendiri, merapihkan kamar tidur sendiri, menyiapkan dan memakai baju sendiri, menyiapkan buku dan menata jadwal sekolah dan lain lain.
  2.  Februari Disiplin. Dengan karakter disiplin anak anak diharapkan bisa disiplin datang ke sekolah tepat waktu, atau kalau saat ini hadir di zoom tepat waktu misalnya. Kemudian mereka bisa disiplin dalam ibadah. Solat tepat waktu, tidak perlu diingatkan oleh orang tuanya.
  3. Maret adalah toleransi, anak anak kita akan hidup dengan berbagai macam karakter  dan kepentingan, ini tentunya menjadi bekal untuk mereka kelak
  4. April Bersabar, krakter ini melatih anak anak untuk bersabar dalam mentaati aturan sabar dalam menjalani apa yang yang diperintahkan dan dilarang Allah SWT.
  5. Mei Peduli sosial, kami mengajak anak anak untuk peduli sosial langsung terjun atau bertindak secara nyata saat melihat saudara-saudaranya terimpa musibah.
  6. Juni Berprestasi, prestasi ini tidak hanya prestasi akademik, namun juga setiap peningkatan pada diri anak itu adalah prestasi  
  7. Juli bersih dan rapi, ini tentunya ahlak seorang muslim. Anak anak harus dibiasakan bersih lingkungannya, bersih tempat tinggalnya, dan bersih pakaiannya.
  8. Agustus sopan santun, karakter ini mengajarkan bagaimana cara bersikap sopan dan santun terhadap orang tua
  9. September percaya diri, dengan dilatih percaya diri anak anak akan menjadi manusia yang tangguh yang kuat kelak di zamannya.
  10. Oktober Jujur , jujur terutama Ketika anak anak berbicara, dan ujian,
  11. Nopember cinta lingkungan,
  12. Desember gemar membaca.

Ini akan terus menerus diterapkan kepada anak anak semoga ini menjadi kebiasaan dan menjadi sebuah karakter yang melekat pada diri anak anak. Dan tentunya ini perlu ada Kerjasama dan sinergi dengan keluarga di rumah. Karena ada 3 unsur yang mempengaruhi keberhasilan karakter anak

  1. Pola asuh di rumah
  2. Pola asuh di sekolah
  3. Lingkungan masyarakat

Namun Jika ada 2 unsur yang kuat antara di rumah dan di sekolah tercipta sinergi yang baik,  maka insyaAllah akan terbentuk karakter anak anak yang kuat. Oleh karena itu kepada orang tua diharapkan bisa mendidik anak anaknya sesuai pola asuh yang benar dan menyekolahkan kepada sekolah yang memiliki pola asuh yang kuat dalam hal Pendidikan karakternya.

SEKOLAH PARA JUARA

SDIT Bina Insani 2 adalah sekolah para juara, ini adalah tekad kami, bahwa semua anak mempunyai kelebihan dan keunggulannya masing-masing, ada yang diberikan keunggulan di bidang tahfidz,di bidang akademik, di bidang olah raga, di bidang seni dan lain lain. Kami mengapresiasi semua kelebihan anak.

SDIT Bina Insani 2 adalah sekolah para juara, ini adalah tekad kami, bahwa semua anak mempunyai kelebihan dan keunggulannya masing-masing, ada yang diberikan keunggulan di bidang tahfidz,di bidang akademik, di bidang olah raga, di bidang seni dan lain lain. Kami mengapresiasi semua kelebihan anak.

KURIKULUM :

  • Kemendikbud (Kurikulum 2013)
  • Jaringan Sekolah Islam Terpadu
  • Khas SDIT Bina Insani 2

PROGRAM :

  • Full Day School
  • Tahfidz 5 Juz Al Quran (Selama 6 Tahun)

PROGRAM UNGGULAN

  • Wisuda Tahfidz
  • Pembelajaran Al Quran metode Qiraati
  • Pesantren Adab Islami (PADI)
  • Pesantren Ramadhan
  • BPI (Bina Pribadi Islam)
  • Islamic Camp

KEGIATAN PENUNJANG :

  • (Field Trip, Morning Tea, Market Day, Puncak Tema, Renang, Outbond, Manasik Haji)
  • Pembinaan Kelas Olimpiade
  • Penanaman Karakter
  • Leadership dan Life Skill Program
  • Karate
  • Komputer Kids
  • BBQ (Belajar Bersama Berqurban)

PENUNJANG KBM :

  • Hadist Pilihan
  • Program Literasi: GB2SM (Gerakan Bina Insani 2 Senang Membaca), Menulis Jurnal Harian dan Public Speaking

EKSTRAKURIKULER :

  • Pramuka (Wajib)
  • Cooking Class
  • Science Club
  • Panahan
  • English Club
  • Tahfidz
Yayasan Bina Insani Cahaya AbadiTKIT Bina InsaniSDIT Bina InsaniSDIT Bina Insani 2
SMPIT Al Masykar Bina InsaniSMAIT Bina InsaniPondok Pesantren Putra Al MasykarPondok Pesantren Putri Nurul Quran