“Patriot yang Sopan dan Kesatria” Kembara SMAIT Bina Insani

Serang- SMA Islam Terpadu Bina Insani memiliki agenda kemah yang bernama Kembara “Kemah Bakti Pramuka”. Kembara tahun ini memiliki tema “Patriot yang Sopan dan Kesatria” dengan harapan siswa dapat menjadi pelopor yang baik, sopan dan siap bertanggung jawab dengan semua kegiatan yang sudah dilakukannya. Kembara merupakan salah satu agenda pelantikan dari Penegak Biasa ke Penegak Bantara dan Penegak Bantara ke Penegak Laksana. Dalam agenda ini seluruh siswa dari kelas X sampai kelas XII ikut serta. Siswa kelas X akan dilantik dari Penegak Biasa ke Pengak Bantara, siswa kelas XI akan dilantik dari Penegak Bantara ke Penegak Laksana, sedangkan siswa kelas XII diperbantukan sebagai kakak pembimbing yang membantu kelancaran agenda Kembara tahun ini.

Agenda Kembara tahun ini dilaksanakan selama 3 hari dari Hari Selasa sampai Hari Kamis tanggal 5 sampai 7 Maret 2024. Adapun lokasinya ada 2, yaitu di lingkungan SMAIT Bina Insani dan Pulau Merak Kecil. Untuk hari pertama kegiatan berlokasi di SMAIT Bina Insani dengan agenda penilaian SKU (Syarat Kecakapan Umum) sebagai salah satu syarat naiknya peserta Kembara ke Penegak Bantara amaupun Penegak Laksana. Hari kedua, para peserta dan Pembina Kembara menuju lokasi yang berada di Pulau Merak Kecil. Perjalanan dimulai dari SMAIT Bina Insani sebagai titik kumpul lokasi pemberangkatan. Ada 3 mobil yang berangkat mengantar peserta berikut pembina menuju dermaga dilanjutkan dengan menyebrang menggunakan kapal nelayan menuju Pulau Merak Kecil.

Agenda Kembara dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Mabigus (Majelis Pembimbing Gugusdepan) Pangkalan SMAIT Bina Insani Kak Elin Nurlena, S.Pd. dilanjut dengan penilaian SKU. Hari berikutnya pemberangkatan menuju Pulau Merak Kecil. Di Pulau Merak Kecil peserta dan Pembina Kembara mendirikan tenda untuk menginap selama satu hari satu malam. Disana juga ada wide games mengenai pengetahuan tentang kepramukaan yang dilakukan di pos-pos yang sudah disepakati bersama kakak pembimbing dari siswa kelas XII. Pada malam hari agenda Kembara diisi dengan deep talk peserta beserta Pembina Kembara. Keesokannya, diadakan Upacara penutupan Kembara sekaligus Pelantikan Penegak Bantara dan Laksana dilakukan di pesisir pantai.

“Kembara yang sekarang seru, tapi untuk keperluan bersih-bersih badan rada susah karena adanya air laut, jadinya ke badan lengket gitu. Tapi secara keseluruhan seru sih, Bu. Alhamdulillah saya juga ga nyangka dapet reward untuk peserta Kembara terbaik tahun ini.” Ungkap Keenan Ayyasy peserta Kembara kelas XI.
Jazikaufa Aisyah Rivanto peserta Kembara dari kelas X mengungkapkan “Alhamdulillah seru Bu untuk Kembaranya. Pemandangannya bagus, bisa nyebrang naik kapal nelayan, kegiatannya wide games nya juga seru.”
“Alhamdulillah Kegiatan Kembara tahun ini sudah terlaksana di lokasi Pulau Merak Kecil. Kita pilih lokasi disana dengan tujuan agar susananya berbeda dari tahun sebelumnya. Selama kegiatan disana peserta terlihat lelah namun masih bisa mengikuti seluruh kegiatan dengan sangat baik.. semoga Kembara tahun berikutnya bisa diadakan di lokasi yang berbeda dengan kegiatan outbond yang maksimal” ungkap Kakak Edi Sukandi, S.Kom selaku ketua pelaksana kegiatan Kembara 2024. (tiss_@/humassmait)

Dokumentasi Selengkapnya KLIK DISINI!